Analisis Produk Sabun Mandi X


Kebersihan adalah sebagian dari iman.” Sesuai dengan ajaran tersebut maka sabun mandi merupakan salah satu kebutuhan wajib bagi setiap rumah tangga. Saat ini orang menginginkan produk sabun mandi yang bukan hanya wangi dan sekedar membersihkan kotoran yang ada di tubuh, namun juga dapat menghilangkan bakteri, kuman dan memberikan perlindungan kebersihan yang lebih.  Hal ini menyebabkan munculnya banyak produsen sabun mandi yang berusaha menciptakan produk yang berkualitas, namun tetap dengan harga  yang terjangkau. Salah satunya adalah produsen sabun mandi X.
Produksi       : Sabun mandi X ini memiliki komposisi yang terdiri dari sodium soap, water,  fragrance, glycerin,  titanium dioxide, trichlorohydroxy diphenyl ether, tetrasodium edta, triclocarban, etidronic acid, cl 11680, cl 12150 yang berfungsi untuk melawan kuman yang dapat menyebabkan penyakit.

Iklan           : Promosi yang dilakukan produk sabun mandi X paling banyak melalui media elektronik. Namun promosi yang dilakukan tidak hanya lewat media elektronik semata, tetapi banyak juga melalui media cetak, sponsorship, mengadakan event-event. Salah satunya adalah program “Berbagi Sehat”, yaitu salah satu program yang diarahkan untuk memecahkan masalah di masyarakat yang berkaitan dengan kebersihan dan kesehatan. Hal ini dilakukan bukan hanya sekedar untuk kampanye produk, namun juga untuk membawa nama baik dari PT U.

                        Produsen bukan hanya sekedar berusaha menarik pembeli, tapi sekaligus menanamkan citra bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang perduli terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Pemasaran     : Pemasaran yang dilakukan oleh sabun mandi X adalah dengan memasarkan produknya di tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat, mulai dari warung kecil di daerah sekitar rumah hingga ke minimarket dan supermarket. Sehingga masyarakat dari segala kalangan dapat mengenali produknya.

                        Pemasaran produk juga dilakukan dengan mengadakan menggelar acara-acara untuk memperkenalkan produknya secara langsung kepada masyarakat luas. Produk sabun mandi X juga membagi segmentasi pasar dengan menciptakan produk yang bervariasi seperti sabun untuk keluarga, sabun untuk remaja, sabun cair, dan lain-lain.

SDM                 : Salah satu kekuatan PT U ada pada kualitas sumber daya manusia. PT U secara rutin merekrut lulusan baru dari universitas terkemuka. Setelah itu diberikan pelatihan sistem produksi, pemasaran dan keuangan selama tiga bulan. Mereka tidak langsung kerja tetapi ditraining terlebih dahulu di berbagai bidang seperti manufaktur, pemasaran, penelitian dan pengembangan. Saat ini tenaga kerja yang diserap oleh Unilever secara langsung berjumlah 3.000 orang ini belum termasuk tenaga kerja tidak langsung. Total tenaga kerja yang terserap berjumlah 25.000 orang.

Referensi:


Comments

Popular posts from this blog

Dearest Last Born (Translated)

Tugas Etika Bisnis Kelompok 1