Analisis Produk Sabun Mandi X
“Kebersihan adalah sebagian dari iman.”
Sesuai dengan ajaran tersebut maka sabun mandi merupakan salah satu kebutuhan
wajib bagi setiap rumah tangga. Saat ini orang menginginkan produk sabun mandi
yang bukan hanya wangi dan sekedar membersihkan kotoran yang ada di tubuh,
namun juga dapat menghilangkan bakteri, kuman dan memberikan perlindungan
kebersihan yang lebih. Hal ini menyebabkan munculnya banyak produsen
sabun mandi yang berusaha menciptakan produk yang berkualitas, namun tetap
dengan harga yang terjangkau. Salah satunya
adalah produsen sabun mandi X.
Produksi : Sabun mandi X ini memiliki komposisi
yang terdiri dari sodium soap, water,
fragrance, glycerin, titanium dioxide, trichlorohydroxy diphenyl
ether, tetrasodium edta, triclocarban, etidronic acid, cl 11680, cl
12150 yang berfungsi untuk melawan kuman yang dapat menyebabkan penyakit.
Iklan : Promosi
yang dilakukan produk sabun mandi X paling banyak melalui media elektronik.
Namun promosi yang dilakukan tidak hanya lewat media elektronik semata, tetapi
banyak juga melalui media cetak, sponsorship,
mengadakan event-event. Salah
satunya adalah program “Berbagi Sehat”, yaitu salah satu program yang diarahkan
untuk memecahkan masalah di masyarakat yang berkaitan dengan kebersihan dan
kesehatan. Hal ini dilakukan bukan hanya sekedar untuk kampanye produk, namun
juga untuk membawa nama baik dari PT U.
Produsen bukan hanya
sekedar berusaha menarik pembeli, tapi sekaligus menanamkan citra bahwa
perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang perduli terhadap
permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat.
Pemasaran : Pemasaran yang
dilakukan oleh sabun mandi X adalah dengan memasarkan produknya di
tempat-tempat yang mudah dijangkau oleh masyarakat, mulai dari warung kecil di
daerah sekitar rumah hingga ke minimarket dan supermarket. Sehingga masyarakat
dari segala kalangan dapat mengenali produknya.
Pemasaran produk juga
dilakukan dengan mengadakan menggelar acara-acara untuk memperkenalkan
produknya secara langsung kepada masyarakat luas. Produk sabun mandi X juga
membagi segmentasi pasar dengan menciptakan produk yang bervariasi seperti
sabun untuk keluarga, sabun untuk remaja, sabun cair, dan lain-lain.
SDM : Salah
satu kekuatan PT U ada pada kualitas sumber daya manusia. PT U secara rutin
merekrut lulusan baru dari universitas terkemuka. Setelah itu diberikan
pelatihan sistem produksi, pemasaran dan keuangan selama tiga bulan. Mereka
tidak langsung kerja tetapi ditraining terlebih dahulu di berbagai bidang
seperti manufaktur, pemasaran, penelitian dan pengembangan. Saat ini tenaga
kerja yang diserap oleh Unilever secara langsung berjumlah 3.000 orang ini
belum termasuk tenaga kerja tidak langsung. Total tenaga kerja yang terserap
berjumlah 25.000 orang.
Referensi:
Comments
Post a Comment